ABSTRAK DATA TYPE (ADT) DALAM PROGRAM JAVA



Untuk posting an berikutnya saya akan memberikan materi tentang Abstrak Data Type (ADT) dalam program java berikut penjelasan dan contoh programnya..

Sebuah file .java dapat mempunyai satu kelas, atau beberapa kelas. Pada saat kompilasi, kelas-kelas yang ada di satu atau beberapa file, masing-masing akan dibentuk menjadi file dengan ekstensi .class.
Secara umum, ada tiga bagian besar yang menyusun suatu program Java, yaitu:
1.        Komentar (Comments)
Untuk memberikan keterangan atau penjelasan suatu baris, blok, atau program itu sendiri.
2.        Deklarasi package dan import
a.         Package
Untuk memberitahu compiler ke pustaka (library) mana suatu file kelas akan disimpan.
b.         Import

Untuk memberitahu compiler dari pustaka (library) mana suatu komponen akan disertakan (disisipkan) kedalam program.
3.        Kelas
Merupakan komponen utama dari program Java dimana data (atribut) dan proses (fungsi, layanan) dituliskan. Sebuah kelas dapat tersusun dari komentar, konstanta, variabel, jenis data, operator, modifier, dan pernyataan (statement).
   
Gambar  Struktur Program Java

Pengertian ADT atau Tipe Data Bentukan
1.        Spesifikasi dari sekumpulan data termasuk operasi yang dapat dilakukan pada data tersebut. (Wikipedia)
2.        Sekumpulan data dan operasi terhadap data tersebut yang definisi-nya tidak bergantung pada implementasi tertentu. (/www.nist.gov/dads/)
ADT (Abstract Data Type)
1.        Tipe data abstrak didefinisikan sebagai model matematika dari objek data yang membentuk sebuah tipe data,serta fungsi yang beroperasi pada objek-objek ini  (Heilemen, 1996).
2.        Beberapa contoh dari tipe data abstrak, diantaranya adalah Stack, Queue dan List.

Contoh  :  Program Java untuk Abstract Data Type (ADT) kelas SegiEmpat.
/**
* ADT Kelas SegiEmpat
* SegiEmpatADT.java                                       
*/

// Deklarasi kelas SegiEmpat
class SegiEmpat {
// Deklarasi atribut
private float panjang, lebar;
// Definisi konstruktor
public SegiEmpat() {
panjang = 0;
lebar = 0;
}

public SegiEmpat(float p, float l) {
panjang = p;
lebar = l;
}

// Definisi layanan
public float GetPanjang() {
return (panjang);
}

public float GetLebar() {
return (lebar);
}

public float Luas() {
return (panjang*lebar);
}
}

// Program kelas utama
public class Main {

// Deklarasi fungsi program utama
public static void main(String args[]) {
// Penciptaan objek dari kelas SegiEmpat
SegiEmpat S = new SegiEmpat(17, 8);

// Manipulasi objek
System.out.println("Panjang = " + S.GetPanjang());
System.out.println("Lebar = " + S.GetLebar());
System.out.println("Luas = " + S.Luas());
}
}

Terima Kasih..
semoga bermanfaat... ^_^

1 komentar:

muhammad dicky fernanda mengatakan...
5 Juni 2020 pukul 00.57
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar