Untuk posting an berikutnya saya akan memberikan materi tentang Abstrak Data Type (ADT) dalam program java berikut penjelasan dan contoh programnya..
Sebuah file .java
dapat mempunyai satu kelas, atau beberapa kelas. Pada saat kompilasi,
kelas-kelas yang ada di satu atau beberapa file, masing-masing akan dibentuk menjadi file dengan
ekstensi .class.
Secara umum, ada
tiga bagian besar yang menyusun suatu program Java, yaitu:
1.
Komentar (Comments)
Untuk memberikan keterangan atau penjelasan suatu
baris, blok, atau program itu sendiri.
2.
Deklarasi package dan import
a.
Package
Untuk memberitahu compiler ke pustaka (library)
mana suatu file kelas akan disimpan.
b.
Import
Untuk memberitahu compiler dari pustaka (library)
mana suatu komponen akan disertakan (disisipkan) kedalam program.
3.
Kelas
Merupakan komponen utama dari program Java dimana data
(atribut) dan proses (fungsi, layanan) dituliskan. Sebuah kelas dapat tersusun
dari komentar, konstanta, variabel, jenis data, operator, modifier, dan
pernyataan (statement).
Gambar Struktur Program Java
Pengertian ADT atau Tipe Data
Bentukan
1.
Spesifikasi dari sekumpulan data termasuk operasi
yang dapat dilakukan pada data tersebut. (Wikipedia)
2.
Sekumpulan data dan operasi terhadap data
tersebut yang definisi-nya tidak bergantung pada implementasi tertentu.
(/www.nist.gov/dads/)
ADT (Abstract Data Type)
1.
Tipe data abstrak didefinisikan sebagai model matematika dari objek data
yang membentuk sebuah tipe data,serta fungsi yang beroperasi pada objek-objek
ini (Heilemen, 1996).
2.
Beberapa contoh dari tipe
data abstrak, diantaranya adalah Stack, Queue dan List.
Contoh : Program Java untuk Abstract Data Type (ADT) kelas
SegiEmpat.
/**
* ADT Kelas SegiEmpat
* SegiEmpatADT.java
*/
// Deklarasi kelas
SegiEmpat
class SegiEmpat {
// Deklarasi atribut
private float panjang,
lebar;
// Definisi
konstruktor
public SegiEmpat() {
panjang = 0;
lebar = 0;
}
public SegiEmpat(float
p, float l) {
panjang = p;
lebar = l;
}
// Definisi layanan
public float
GetPanjang() {
return (panjang);
}
public float
GetLebar() {
return (lebar);
}
public float Luas() {
return
(panjang*lebar);
}
}
// Program kelas utama
public class Main {
// Deklarasi fungsi
program utama
public static void
main(String args[]) {
// Penciptaan objek
dari kelas SegiEmpat
SegiEmpat S = new
SegiEmpat(17, 8);
// Manipulasi objek
System.out.println("Panjang
= " + S.GetPanjang());
System.out.println("Lebar
= " + S.GetLebar());
System.out.println("Luas
= " + S.Luas());
}
}
|
Terima Kasih..
semoga bermanfaat... ^_^
semoga bermanfaat... ^_^
1 komentar:
Posting Komentar