Peradaban manusia dari masa ke masa

Peradaban manusia selalu mengalami perkembangan dari masa ke masa. Ini disebabkan Karena manusia yang memiliki akal yang dianugerhkan Tuhan. Dengan akalnya tersebut manusia dapat mengembangkan perdaban dengan cara merekayasa alam ini. Mari kita tilik kembali sejarah masa lalu manusia,
• Zaman prasejarah (purba)
Ini adalah zaman awal mula manusia, pada masa manusia sangatlah primitive jika dibandingkan dengan saat ini. Cirri khas masa ini adalah manusia belum bisa mengenal baca tulis, oleh karena itu dikatakan zaman pra-sejarah. Pada zaman ini manusia awalnya hidup dengan berburu, kemudian mengalami kemajuan dengan hidup dengan bercocok tangan. Masa becocok tanam diawali dengan penemuan-penemuan alat berburu yang lebih canggih dan juga alat-alat masak untuk mengolah makanan dan juga ilmu-ilmu baru tentang tanaman-tanaman.
• Zaman sejarah
Zaman ini ditandai dengan ditemukannya system baca tulis, tapi baca tulis pada masa itu masihlah sangatlah sederhana. Sebenarnya zaman sejarah masih berlangsung sampai saat ini, akan tetapi antara zaman sejarah sampai saat ini ada juga penemuan-penemuan revoluisoner yang mengubah perdaban dunia dan sejarah manusia pun memiliki pemababakan yang baru. Pemababakan ini bisa kita ambil konsep dari Alvin Tofler :
o Revolusi agrarian
Pada masa ini banyak ditemukan penemuan baru di bidang agrarian dan system pertanian dalam skala besar-besaran.
o Revolusi industry
Pada masa ini ditemukan cara untuk mengolah hasil-hasil alam menjadi barang baru yang lebih bernilai dalam skala besar-besaran yang dikerjakan di dalam pabrik-pabrik.
o Revolusi informasi dan teknologi
Masa ini adalah dimulai dari ditemukannya teknologi informasi yang dapat menghubungkan manusia dalalm jarak jauh. Masa ini masih berlangsung sampai saat ini.

Peran teknologi dari masa ke masa


Jika melihat fenomena perkembangan peradaban manusia dari masa ke masa. Kita akan melihat dengan jelas bagaimana peran sains dan teknologi sangat sentral sekali. Walaupun pada masa-masa awal manusia belumlah ada konsep sains dan teknologi. Pada masa-masa itu (seperti masa pra-sejarah) perkembangan perdaban manusia hanyalah dengan logika-logika berpikir sederhana dan dari fenomena-fenomena alam yang sederhana. Mungkin bagi kita di masa sekarang hal itu, seperti penemuan alat-alat berburu sederhana pada masa sejarah, adalah hal yang sederhan. Akan tetapi pada masa itu penemuan tersebut adalah hal yang sangat revolusioner dan luar biasa hebat. Bukankah teori-teori sains dan teknologi yang rumit pada masa kini adalah kumpulan teori-teori sederhana dan berasal dari konsep yang sederhana pula.


Teknologi dan kemajuan bangsa

            Karena peran sains dan teknologi yang sangat sentral dalam perkembangan peradaban itulah, kini banyak negara-negara yang berlomba-lomba untuk mengembangkan sains dan teknologi. Mereka percaya bahwa dengan majunya sains dan teknologi maka berimbas pada kemajuan bangsa tersebut. Dan memang benar faktanya demikian, jika kita menilik sejarah kembali bagaimana kemajuan sains dan teknologi sangat menentukan kemajuan bangsa bahkan dijadikan tolak ukur kemjuan bangsa. Contohnya pertama, adalah pada saat perang dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet (sekarang Rusia). Kita semua sama-sama tahu bahwa perang dingin tersebut bukanlah perang kekuatan militer kedua bangsa tersebut, akan tetapi perang adu kekuatan teknologi antara AS dan Uni Soviet. Salah satu teknologi yang diadu oleh mereka adalah teknologi antariksa, dan akhirnya perang tersebut dimenangkan AS karena lebih dulu mencapai ke bulan. Contoh kedua, adalah kebangkitan Jepang pada setelah kalah perang pada perang dunia kedua. Kita juga tahu dari sejarah bahwa setelah kalah perang Jepang langsung mengirimkan pemuda-pemuadanya ke luar negeria untuk belajar. Setelah mereka menyelesaikan pendidikannya dan memiliki ilmu dan pengalaman yang cukup, mereka langsung kembali ke Jepang dan mengaplikasikan ilmunya. Dan sekarang kita bisa lihat Jepang menjadi Negara yang adidaya dan menjadi salah satu ikon teknologi dunia.

Pemegang sains dan teknologi adalah yang akan memimpin dunia


            Jadi kita dapat menyimpulkan bahwa kemajuan sains dan teknologi berbanding lurus dengan kemajuan bangsa. Dan sudah barang tentu Negara-negara maju adalah Negara-nagara yang memiliki peran utama dalam percaturan dunia atau bisa dikatakan yang mengandalikan atau memimpin dunia ini. Kebijakan dunia ada di tangan mereka sehingga di tangan mereka lah nasib dunia ini berada.

EVOLUSI PERADABAN TEKNOLOGI

MOBIL

Mobil (kependekan dari otomobil yang berasal dari bahasa Yunani 'autos' (sendiri) dan Latin 'movére' (bergerak)) adalah kendaraan beroda empat atau lebih yang membawa mesin sendiri. Jenis mobil termasuk bus, van, truk. Pengoperasian mobil disebut menyetir.


Kendaraan pertama yang bekerja dengan uap mungkin pertama kali didesain oleh Ferdinand Verbiest, sekitar tahun 1672. Ia mendesain mainan kendaraaan berukuran 65 cm untuk kerajaan Cina, yang tidak bisa membawa penumpang.  Tidak diketahui apakah model kendaraan yang dibuat Verbiest pernah diproduksi atau tidak. Tahun 1752, Leonty Shamshurenkov, seorang berkebangsaan Rusia, membuat konstruksi sebuah kendaraan bertenaga manusia. Ia juga melengkapi kendaraan buatannya dengan odometer. Kendaraan yang ia buat mirip dengan sebuah kereta salju



Paten mobil pertama di Amerika Serikat diberikan kepada Oliver Evans pada 1789; pada 1804 Evans mendemonstrasikan mobil pertamanya, yang bukan hanya mobil pertama di AS tapi juga merupakan kendaraan amfibi pertama, yang kendaraan tenaga-uapnya sanggup jalan di darat menggunakan roda dan di air menggunakan roda padel.
Umumnya mobil pertama mesin pembakaran dalam yang menggunakan bensin dibuat hampir bersamaan pada 1886 oleh penemu Jerman yang bekerja secara terpisah. Karl Benz pada 3 Juli 1886 di Mannheim, dan Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach di Stuttgart.


Pada tahun 1930-an, kebanyakan teknologi dalam permobilan sudah diciptakan, walaupun sering diciptakan kembali di kemudian hari dan diberikan kredit ke orang lain. Misalnya, pengemudian roda-depan diciptakan kembali oleh Andre Citroën dalam peluncuran Traction Avant pada 1934, meskipun teknologi ini sudah muncul beberapa tahun sebelumnya dalam mobil yang dibuat oleh Alvis dan Cord, dan di dalam mobil balap oleh Miller (dan mungkin telah muncul pada awal 1897).


Pada tahun 1930an, kebanyakan teknologi dalam permobilan sudah diciptakan, walaupun sering diciptakan kembali di kemudian hari dan diberikan kredit ke orang lain. Misalnya, pengemudian roda-depan diciptakan kembali oleh Andre Citroën dalam peluncuran Traction Avant pada 1934, meskipun teknologi ini sudah muncul beberapa tahun sebelumnya dalam mobil yang dibuat oleh Alvis dan Cord, dan di dalam mobil balap oleh Miller (dan mungkin telah muncul pada awal 1897


Setelah 1930, jumlah produsen mobil berkurang drastis berpasan dengan industri saling bergabung dan matang. Sejak 1960, jumlah produsen hampir tetap, dan inovasi berkurang. Dalam banyak hal, teknologi baru hanya perbaikan dari teknologi sebelumnya. Dengam pengecualian dalam penemuan manajemen mesin, yang masuk pasaran pada 1960an, ketika barang-barang elektronik menjadi cukup murah untuk produksi-masal dan cukup kuat untuk menangani lingkungan yang kasar pada mobil. Dikembangkan oleh Bosch, alat elektronik ini dapat membuat buangan mobil berkurang secara drastis sambil meningkatkan efisiensi dan tenaga.


Kecelakaan mobil hampir sama tua dengan mobil itu sendiri. Joseph Cugnot menabrak mobil tenaga-uapnya “Fardier” dengan tembok pada 1770. Kecelakaan mobil fatal pertama kali yang dicatat adalah Bridget Driscoll pada 17 Agustus 1896 di London dan Henry Bliss pada 13 September 1899 di kota New York.

Setiap tahun lebih dari sejuta orang tewas dan sekitar 50 juta orang terluka dalam lalu lintas (menurut perkiraan WHO). Penyebab utama kecelakaan adalah pengemudi mabuk atau dalam pengaruh obat, tidak perhatian, terlalu lelah, bahaya di jalan (seperti salju, lubang, hewan, dan pengemudi teledor). Fasilitas keamanan telah dibuat khusus di mobil selama bertahun-tahun.


            Mobil memiliki dua masalah keamanan dasar: Mereka memiliki pengemudi yang sering kali berbuat kesalahan dan ban yang kehilangan gesekan ketika pengereman mendekati setengah gravitasi. Kontrol otomatis telah diusulkan dan dibuat contoh.
Riset awal memfokuskan pada peningkatan rem dan mengurangi bahaya api sistem bahan bakar. Riset sistematik dalam keamanan tabrakan dimulai pada 1958 di Perusahaan Motor Ford. Sejak itu, banyak riset memfokuskan pada penyerapan energi luar dengan panel yang mudah hancur dan mengurangi gerakan manusia pada ruang penumpang.
Ada tes standar kemananan mobil, seperti EuroNCAP dan USNCAP. Ada juga tes yang dibantu oleh industri asuransi.

            Meskipun peningkatan dalam teknologi, angka kematian dari kecelakaan mobil tetap tinggi, di AS sekitar 40.000 orang meninggal setiap tahun, angka yang tetap bertumbuh sesuai dengan peningkatan populasi dan perjalanan, dengan tren yang sama di Eropa. Angka kematian diperkirakan akan menjadi dua kali lipat di seluruh dunia pada 2020. Angka yang lebih banyak dari kematian adalah luka dan cacat.

            Setiap tahun lebih dari sejuta orang tewas dan sekitar 50 juta orang terluka dalam lalu lintas (menurut perkiraan WHO). Penyebab utama kecelakaan adalah pengemudi mabuk atau dalam pengaruh obat, tidak perhatian, terlalu lelah, bahaya di jalan (seperti salju, lubang, hewan, dan pengemudi teledor). Fasilitas keamanan telah dibuat khusus di mobil selama bertahun-tahun.Mobil memiliki dua masalah keamanan dasar: Mereka memiliki pengemudi yang sering kali berbuat kesalahan dan ban yang kehilangan gesekan ketika pengereman mendekati setengah gravitasi. Kontrol otomatis telah diusulkan dan dibuat contoh.

            Riset awal memfokuskan pada peningkatan rem dan mengurangi bahaya api sistem bahan bakar. Riset sistematik dalam keamanan tabrakan dimulai pada 1958 di Ford Motor Company. Sejak itu, banyak riset memfokuskan pada penyerapan energi luar dengan panel yang mudah hancur dan mengurangi gerakan manusia pada ruang penumpang.
Ada tes standar keamananan mobil, seperti EuroNCAP dan USNCAP. Ada juga tes yang dibantu oleh industri asuransi.

            Meskipun peningkatan dalam teknologi, angka kematian dari kecelakaan mobil tetap tinggi, di AS sekitar 40.000 orang meninggal setiap tahun, angka yang tetap bertumbuh sesuai dengan peningkatan populasi dan perjalanan, dengan tren yang sama di Eropa. Angka kematian diperkirakan akan menjadi dua kali lipat di seluruh dunia pada 2020. Angka yang lebih banyak dari kematian adalah luka dan cacat







0 komentar:

Posting Komentar