Peradaban
manusia selalu mengalami perkembangan dari masa ke masa. Ini disebabkan Karena
manusia yang memiliki akal yang dianugerhkan Tuhan. Dengan akalnya tersebut
manusia dapat mengembangkan perdaban dengan cara merekayasa alam ini. Mari kita
tilik kembali sejarah masa lalu manusia,
• Zaman prasejarah (purba)
Ini adalah zaman awal mula manusia, pada masa manusia sangatlah primitive jika dibandingkan dengan saat ini. Cirri khas masa ini adalah manusia belum bisa mengenal baca tulis, oleh karena itu dikatakan zaman pra-sejarah. Pada zaman ini manusia awalnya hidup dengan berburu, kemudian mengalami kemajuan dengan hidup dengan bercocok tangan. Masa becocok tanam diawali dengan penemuan-penemuan alat berburu yang lebih canggih dan juga alat-alat masak untuk mengolah makanan dan juga ilmu-ilmu baru tentang tanaman-tanaman.
• Zaman sejarah
Zaman ini ditandai dengan ditemukannya system baca tulis, tapi baca tulis pada masa itu masihlah sangatlah sederhana. Sebenarnya zaman sejarah masih berlangsung sampai saat ini, akan tetapi antara zaman sejarah sampai saat ini ada juga penemuan-penemuan revoluisoner yang mengubah perdaban dunia dan sejarah manusia pun memiliki pemababakan yang baru. Pemababakan ini bisa kita ambil konsep dari Alvin Tofler :
o Revolusi agrarian
Pada masa ini banyak ditemukan penemuan baru di bidang agrarian dan system pertanian dalam skala besar-besaran.
o Revolusi industry
Pada masa ini ditemukan cara untuk mengolah hasil-hasil alam menjadi barang baru yang lebih bernilai dalam skala besar-besaran yang dikerjakan di dalam pabrik-pabrik.
o Revolusi informasi dan teknologi
Masa ini adalah dimulai dari ditemukannya teknologi informasi yang dapat menghubungkan manusia dalalm jarak jauh. Masa ini masih berlangsung sampai saat ini.
Ini adalah zaman awal mula manusia, pada masa manusia sangatlah primitive jika dibandingkan dengan saat ini. Cirri khas masa ini adalah manusia belum bisa mengenal baca tulis, oleh karena itu dikatakan zaman pra-sejarah. Pada zaman ini manusia awalnya hidup dengan berburu, kemudian mengalami kemajuan dengan hidup dengan bercocok tangan. Masa becocok tanam diawali dengan penemuan-penemuan alat berburu yang lebih canggih dan juga alat-alat masak untuk mengolah makanan dan juga ilmu-ilmu baru tentang tanaman-tanaman.
• Zaman sejarah
Zaman ini ditandai dengan ditemukannya system baca tulis, tapi baca tulis pada masa itu masihlah sangatlah sederhana. Sebenarnya zaman sejarah masih berlangsung sampai saat ini, akan tetapi antara zaman sejarah sampai saat ini ada juga penemuan-penemuan revoluisoner yang mengubah perdaban dunia dan sejarah manusia pun memiliki pemababakan yang baru. Pemababakan ini bisa kita ambil konsep dari Alvin Tofler :
o Revolusi agrarian
Pada masa ini banyak ditemukan penemuan baru di bidang agrarian dan system pertanian dalam skala besar-besaran.
o Revolusi industry
Pada masa ini ditemukan cara untuk mengolah hasil-hasil alam menjadi barang baru yang lebih bernilai dalam skala besar-besaran yang dikerjakan di dalam pabrik-pabrik.
o Revolusi informasi dan teknologi
Masa ini adalah dimulai dari ditemukannya teknologi informasi yang dapat menghubungkan manusia dalalm jarak jauh. Masa ini masih berlangsung sampai saat ini.
Peran teknologi dari masa ke masa
Jika
melihat fenomena perkembangan peradaban manusia dari masa ke masa. Kita akan
melihat dengan jelas bagaimana peran sains dan teknologi sangat sentral sekali.
Walaupun pada masa-masa awal manusia belumlah ada konsep sains dan teknologi.
Pada masa-masa itu (seperti masa pra-sejarah) perkembangan perdaban manusia
hanyalah dengan logika-logika berpikir sederhana dan dari fenomena-fenomena
alam yang sederhana. Mungkin bagi kita di masa sekarang hal itu, seperti
penemuan alat-alat berburu sederhana pada masa sejarah, adalah hal yang
sederhan. Akan tetapi pada masa itu penemuan tersebut adalah hal yang sangat
revolusioner dan luar biasa hebat. Bukankah teori-teori sains dan teknologi
yang rumit pada masa kini adalah kumpulan teori-teori sederhana dan berasal
dari konsep yang sederhana pula.
Teknologi
dan kemajuan bangsa
Karena
peran sains dan teknologi yang sangat sentral dalam perkembangan peradaban
itulah, kini banyak negara-negara yang berlomba-lomba untuk mengembangkan sains
dan teknologi. Mereka percaya bahwa dengan majunya sains dan teknologi maka
berimbas pada kemajuan bangsa tersebut. Dan memang benar faktanya demikian,
jika kita menilik sejarah kembali bagaimana kemajuan sains dan teknologi sangat
menentukan kemajuan bangsa bahkan dijadikan tolak ukur kemjuan bangsa.
Contohnya pertama, adalah pada saat perang dingin antara Amerika Serikat dan
Uni Soviet (sekarang Rusia). Kita semua sama-sama tahu bahwa perang dingin
tersebut bukanlah perang kekuatan militer kedua bangsa tersebut, akan tetapi
perang adu kekuatan teknologi antara AS dan Uni Soviet. Salah satu teknologi
yang diadu oleh mereka adalah teknologi antariksa, dan akhirnya perang tersebut
dimenangkan AS karena lebih dulu mencapai ke bulan. Contoh kedua, adalah
kebangkitan Jepang pada setelah kalah perang pada perang dunia kedua. Kita juga
tahu dari sejarah bahwa setelah kalah perang Jepang langsung mengirimkan
pemuda-pemuadanya ke luar negeria untuk belajar. Setelah mereka menyelesaikan
pendidikannya dan memiliki ilmu dan pengalaman yang cukup, mereka langsung
kembali ke Jepang dan mengaplikasikan ilmunya. Dan sekarang kita bisa lihat
Jepang menjadi Negara yang adidaya dan menjadi salah satu ikon teknologi dunia.
Pemegang sains dan teknologi adalah yang akan memimpin dunia
Jadi
kita dapat menyimpulkan bahwa kemajuan sains dan teknologi berbanding lurus
dengan kemajuan bangsa. Dan sudah barang tentu Negara-negara maju adalah
Negara-nagara yang memiliki peran utama dalam percaturan dunia atau bisa
dikatakan yang mengandalikan atau memimpin dunia ini. Kebijakan dunia ada di
tangan mereka sehingga di tangan mereka lah nasib dunia ini berada.
EVOLUSI
PERADABAN TEKNOLOGI
MOBIL
Mobil (kependekan dari otomobil
yang berasal dari bahasa Yunani 'autos' (sendiri) dan Latin
'movére' (bergerak)) adalah kendaraan beroda empat atau lebih yang membawa mesin sendiri. Jenis
mobil termasuk bus, van, truk. Pengoperasian mobil
disebut menyetir.
Paten mobil pertama di Amerika Serikat diberikan kepada Oliver Evans pada 1789; pada 1804 Evans mendemonstrasikan mobil pertamanya, yang bukan hanya
mobil pertama di AS tapi juga merupakan kendaraan amfibi pertama, yang kendaraan tenaga-uapnya
sanggup jalan di darat menggunakan roda dan di air menggunakan roda padel.
Umumnya mobil pertama mesin pembakaran dalam yang menggunakan bensin
dibuat hampir bersamaan pada 1886 oleh penemu Jerman yang bekerja secara terpisah. Karl Benz pada 3 Juli 1886 di Mannheim, dan Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach di Stuttgart.
Pada tahun 1930-an, kebanyakan teknologi dalam permobilan
sudah diciptakan, walaupun sering diciptakan kembali di kemudian hari dan
diberikan kredit ke orang lain. Misalnya, pengemudian roda-depan diciptakan kembali oleh Andre Citroën dalam peluncuran Traction Avant pada 1934, meskipun teknologi ini sudah muncul beberapa tahun
sebelumnya dalam mobil yang dibuat oleh Alvis dan Cord, dan di dalam mobil balap oleh Miller (dan mungkin telah
muncul pada awal 1897).
Pada tahun 1930an, kebanyakan teknologi dalam
permobilan sudah diciptakan, walaupun sering diciptakan kembali di kemudian
hari dan diberikan kredit ke orang lain. Misalnya, pengemudian roda-depan
diciptakan kembali oleh Andre Citroën dalam peluncuran Traction Avant pada
1934, meskipun teknologi ini sudah muncul beberapa tahun sebelumnya dalam mobil
yang dibuat oleh Alvis dan Cord, dan di dalam mobil balap oleh Miller (dan
mungkin telah muncul pada awal 1897
Setelah 1930, jumlah produsen mobil berkurang
drastis berpasan dengan industri saling bergabung dan matang. Sejak 1960,
jumlah produsen hampir tetap, dan inovasi berkurang. Dalam banyak hal,
teknologi baru hanya perbaikan dari teknologi sebelumnya. Dengam pengecualian
dalam penemuan manajemen mesin, yang masuk pasaran pada 1960an, ketika
barang-barang elektronik menjadi cukup murah untuk produksi-masal dan cukup
kuat untuk menangani lingkungan yang kasar pada mobil. Dikembangkan oleh Bosch,
alat elektronik ini dapat membuat buangan mobil berkurang secara drastis sambil
meningkatkan efisiensi dan tenaga.
Kecelakaan
mobil hampir sama tua dengan mobil itu sendiri. Joseph Cugnot menabrak mobil
tenaga-uapnya “Fardier” dengan tembok pada 1770. Kecelakaan mobil fatal pertama
kali yang dicatat adalah Bridget Driscoll pada 17 Agustus 1896 di London dan
Henry Bliss pada 13 September 1899 di kota New York.
Setiap tahun lebih dari sejuta orang tewas dan sekitar 50 juta orang terluka dalam lalu lintas (menurut perkiraan WHO). Penyebab utama kecelakaan adalah pengemudi mabuk atau dalam pengaruh obat, tidak perhatian, terlalu lelah, bahaya di jalan (seperti salju, lubang, hewan, dan pengemudi teledor). Fasilitas keamanan telah dibuat khusus di mobil selama bertahun-tahun.
Setiap tahun lebih dari sejuta orang tewas dan sekitar 50 juta orang terluka dalam lalu lintas (menurut perkiraan WHO). Penyebab utama kecelakaan adalah pengemudi mabuk atau dalam pengaruh obat, tidak perhatian, terlalu lelah, bahaya di jalan (seperti salju, lubang, hewan, dan pengemudi teledor). Fasilitas keamanan telah dibuat khusus di mobil selama bertahun-tahun.
Mobil
memiliki dua masalah keamanan dasar: Mereka memiliki pengemudi yang sering kali
berbuat kesalahan dan ban yang kehilangan gesekan ketika pengereman mendekati
setengah gravitasi. Kontrol otomatis telah diusulkan dan dibuat contoh.
Riset awal memfokuskan pada peningkatan rem dan mengurangi bahaya api sistem bahan bakar. Riset sistematik dalam keamanan tabrakan dimulai pada 1958 di Perusahaan Motor Ford. Sejak itu, banyak riset memfokuskan pada penyerapan energi luar dengan panel yang mudah hancur dan mengurangi gerakan manusia pada ruang penumpang.
Ada tes standar kemananan mobil, seperti EuroNCAP dan USNCAP. Ada juga tes yang dibantu oleh industri asuransi.
Riset awal memfokuskan pada peningkatan rem dan mengurangi bahaya api sistem bahan bakar. Riset sistematik dalam keamanan tabrakan dimulai pada 1958 di Perusahaan Motor Ford. Sejak itu, banyak riset memfokuskan pada penyerapan energi luar dengan panel yang mudah hancur dan mengurangi gerakan manusia pada ruang penumpang.
Ada tes standar kemananan mobil, seperti EuroNCAP dan USNCAP. Ada juga tes yang dibantu oleh industri asuransi.
Meskipun peningkatan dalam teknologi, angka kematian dari kecelakaan mobil tetap tinggi, di AS sekitar 40.000 orang meninggal setiap tahun, angka yang tetap bertumbuh sesuai dengan peningkatan populasi dan perjalanan, dengan tren yang sama di Eropa. Angka kematian diperkirakan akan menjadi dua kali lipat di seluruh dunia pada 2020. Angka yang lebih banyak dari kematian adalah luka dan cacat.
Setiap
tahun lebih dari sejuta orang tewas dan sekitar 50 juta orang terluka dalam
lalu lintas (menurut perkiraan WHO). Penyebab utama kecelakaan adalah pengemudi mabuk atau dalam
pengaruh obat, tidak perhatian, terlalu lelah, bahaya di jalan (seperti salju,
lubang, hewan, dan pengemudi teledor). Fasilitas keamanan telah dibuat khusus
di mobil selama bertahun-tahun.Mobil memiliki dua masalah keamanan dasar:
Mereka memiliki pengemudi yang sering kali berbuat kesalahan dan ban yang
kehilangan gesekan ketika pengereman mendekati setengah gravitasi.
Kontrol otomatis telah diusulkan dan dibuat contoh.
Riset
awal memfokuskan pada peningkatan rem dan mengurangi bahaya api sistem bahan
bakar. Riset sistematik dalam keamanan tabrakan dimulai pada 1958 di Ford Motor Company. Sejak itu, banyak riset
memfokuskan pada penyerapan energi luar dengan panel yang mudah hancur dan
mengurangi gerakan manusia pada ruang penumpang.
Ada
tes standar keamananan mobil, seperti EuroNCAP dan USNCAP. Ada juga tes yang dibantu
oleh industri asuransi.
Meskipun
peningkatan dalam teknologi, angka kematian dari kecelakaan mobil tetap tinggi,
di AS sekitar 40.000 orang meninggal setiap tahun, angka yang tetap bertumbuh
sesuai dengan peningkatan populasi dan perjalanan, dengan tren yang sama di Eropa. Angka kematian
diperkirakan akan menjadi dua kali lipat di seluruh dunia pada 2020. Angka yang lebih
banyak dari kematian adalah luka dan cacat






0 komentar:
Posting Komentar